Sabtu, 17 September 2016

RESENSI : Internasionalisasi Pendidikan (Buku Kanan)


Judul Buku     : Internasionalisasi Pendidikan 
Penulis            : Drs.Abdurrachman Assegaf, M.Ag 
Penerbit          : Gama Media
Tahun Terbit   : 2003
Jlh.Halaman    : xiv+321 Halaman 

Pendidikan Dalam Kancah Internasional

Gaya hidup modern ditandai dengan serba canggihnya teknologi, dimulai dari teknologi komunikasi sampai transportasikini untuk mengadakan konferensi internasional pihak penyelenggara tidak lagi mesti menghadirkan para peserta untuk datang ke Negara tertentu., tapi cukup dengan tele-conference, masing masing peserta tetap ditempat asalnya, sementara setiap peserta dapat berkomunikasi langsung via monitor. Bagaimana teknologi modern bisa maju ? majunya teknologi tidak bisa lepas dari peran pendidikan. Pendidikan menyajikan ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya melalui proses pembelajaran penelitian, dan pengembangan. Karena sautu Negara memiliki keistimewaan sendiri, dalam hal pengetahuan dan teknologi, budaya dan hokum, maka Negara tertentu pun menjalim kerjasama dengan Negara lain secara mutual cooperation. Hubungan inilah yang tidak dapat terelakkan, sebab bila dicegah akan menyebabkan tekucilmya pendidikan di Negara tertentu. 

Sepanjang sejarah, pendidikan di indoensia mengalami kemajuan dan kemunduran, kemajuan dimulai dari masa orde baru dengan diberlakukannya aturan kebolehan memakai jilbab dab rok panjang di sekolah agama, hal ini berfampak positif bagi masyarakat muslim Indonesia. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa ketika ekonomi Negara anjlok maka puluhan ribu anak Indonesia terancam putus sekolah. Hal ini yang agaknya harus didiskusikan lebih lanjut. Sebab semakin mahal biaya sekolah maka semakin banyak anak bangsa yang tidak terdidik dengan baik. Pendidikan di Indonesia agaknya dapat dibagi kepada beberapa bagian, yakni pendidikan prasekolah, pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. Namun hal ini tidak cukup jika sumberdaya bangsa masih berkemampuan rendah untuk bersaing. Di era globalisasi dan pasar bebas ini perlu dijalin kerjasama yang lebih baik dengan pendidikan internasional sehingga akan melahirkan generasi abngsa yang lebih berkemampuan tinggi dan siap bersaing di dunia luar, untuk mendidik generasi selanjutnya. 

Buku ini snagat menarik sebab memberikan gambaran bagaimana pendidikan di luar negeri. Namun tetap harus difahami bahwa pendidikan luar negeri juga bisa memberi dampak negative selain nilai positifnya. Maka pelajar bangsa harus tetap waspada dan berpegang pada prinsip yang benar, sehingga tidak terpengaruh arus negative namun tetap mampu bersaing di era global.

0 komentar:

Posting Komentar